KEKURANGAN zat besi merupakan kondisi yang dialami banyak orang, dan bisa menyebabkan masalah serius seperti anemia jika tidak segera ditangani.

KEKURANGAN zat besi merupakan kondisi yang dialami banyak orang, dan bisa menyebabkan masalah serius seperti anemia jika tidak segera ditangani.

Asupan zat besi yang cukup sangat penting diperoleh oleh tubuh, karena zat besi adalah mineral esensial yang dibutuhkan tubuh untuk produksi hemoglobin, protein yang bertanggung jawab membawa oksigen dalam sel darah merah.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan, lemah, dan sistem kekebalan tubuh yang menurun. Asupan zat besi dapat ditingkatkan melalui beberapa jenis makanan yang tepat, yakni makanan yang tinggi  kandungan zat besinya.

Apa apa saja?

  • Lentil: Mengandung 3,3 mg zat besi per 100 gram, kacang lentil adalah sumber zat besi nabati yang sangat baik, yang juga tinggi protein dan serat. Lentil cocok digunakan dalam berbagai hidangan seperti sup, semur, dan salad.
  • Bayam: Jumlah zat besinya tetap lebih tinggi dibandingkan buah bit. Bayam juga kaya akan vitamin A, C, dan K.

Bayam

 

  • Daging Merah: Daging merah, seperti sapi dan domba, merupakan sumber zat besi yang lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan sumber nabati.
  • Biji Labu: Sama dengan lentil, biji labu mengandung 3,3 mg  zat besi per 100 gram. Selain kaya akan zat besi, biji labu juga mengandung antioksidan dan lemak sehat, yang baik untuk kesehatan jantung.
  •  Quinoa: Quinoa merupakan sumber protein lengkap dan alternatif biji-bijian yang bebas gluten. Ini juga mengandung magnesium dan serat.
  • Tahu: Siapa sangka, tahu ternyata punya  5,4 mg zat besi per 100 gram loh! Tahu adalah sumber zat besi yang sangat baik untuk vegetarian dan vegan, serta mengandung protein tinggi.
  • Cokelat Hitam: Selain sebagai camilan lezat, dark chocolate juga mengandung zat besi dalam jumlah tinggi dan kaya akan antioksidan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *